Selasa, 27 Februari 2018

Ketakutan

Ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman. Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti timbulnya rasa sakit atau ancaman bahaya. Ada juga yang menyebutkan bahwa takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan.
Ketakutan harus dibedakan dengan kegelisahan, yang umumnya terjadi tanpa adanya ancaman eksternal. Ketakutan juga terkait dengan suatu perilaku spesifik untuk melarikan diri dan menghindar, sedangkan kegelisahan adalah hasil dari persepsi ancaman yang tak dapat dikendalikan atau dihindarkan.
Ketakutan selalu terkait dengan peristiwa pada masa datang, seperti akan memburuknya suatu kondisi, atau terus terjadinya suatu keadaan yang tidak dapat diterima. Orang dengan sifat dasar  takut, khawatir, cemas tidak menyukai perubahan, karena adanya perubahan memunculkan spekulasi pikiran akan munculnya resiko yang mungkin timbul dari perubahan itu. Rasa takut bisa merusak keadaan yang telah ada.

Panas dingin, napas memburu, sekujur tubuh menegang, gemetaran dan berkeringat dingin. Namun tidak dapat berkutik, terdiam kaku di tempat. Jantung berdebar sangat keras, terasa seperti akan melompat keluar dada, dan bulu kuduk di tengkuk leher berdiri.
Entah itu hantu dari film horor atau kecoa yang menjijikan, kita semua punya rasa takut akan sesuatu. Entah itu nyata atau jhayalan tetap memberi efek yang sama pada tubuh.

Ketakutan adalah salah satu perasaan manusia yang mendukung dan melindungi eksistensinya. Karena rasa takut itulah orang bisa berusaha untuk menjaga dan mempertahankan dirinya. Rasa takut ini bisa memunculkan berbagai gambaran dalam imajinasi pikiran yang tentu saja bisa memperbesar ketakutan itu sendiri. Ketakutan juga bisa memunculkan berbagai upaya yang mungkin saja baik dan membaikan, atau bahkan yang keliru dan merusak. Semuanya mungkin dan sangat manusiawi. Hanya bila bisa melewati itu dan menerima itu tanpa perubahan perasaan yang naik turun terlalu jauh, maka kedamaian itu bisa dirasakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar